Pages

Welcome to MTC

SELAMAT DATANG kepada Anda Calon Barberman Profesional dan CALON PENGUSAHA BARBERSHOP di Indonesia.... WELCOME TO MTC YOGYAKARTA - BARBERSHOP UNIVERSITY - Pusat Belajar, Kursus dan Pelatihan Barbershop NO.1 di Indonesia

Tuesday, October 4, 2016

Jenis-Jenis Shampoo



Membersihkan rambut dengan shampoo sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut kita. Tapi tahukah anda masing-masing orang mempunyai kondisi rambut dan kulit kepala yang berbeda sehingga dibutuhkan jenis shampoo yang berbeda pula.

Ada enam macam shampoo yang beredar di pasaran yang diperuntukkan bagi kondisi kepala yang berbeda, yaitu shampoo untuk rambut kering, shampoo untuk rambut berminyak, shampoo untuk rambut normal, shampoo ketombe, shampo untuk menebal rambut, dan shampoo clarifying.

Shampo Untuk Rambut Kering
Shampo ini sering juga dinamakan moisturizing shampoo yang dibuat khusus untuk menambahkan kelembaban pada rambut dan kulit kepala yang kering. Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering salah satunya pemakaian zat kimia pada rambut, sering membasahi rambut dengan air hangat, atau bahkan bisa juga disebabkan oleh cuaca (pada musim dingin biasanya rambut dan kulit kepala kita menjadi kering). Karena itu untuk memulihkan kelembaban rambut gunakanlah shampo khusus untuk rambut kering. Shampo ini mengandung minyak essential yang diperoleh dari jojoba, bibit anggur, olive oil, dll.

Shampo Untuk Rambut Berminyak
Shampo ini dibuat untuk rambut dan kulit kepala yang mengandung terlalu banyak sebum (minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit kepala). Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut berminyak seperti cuaca yang panas, stress, dll. Rambut sangat membutuhkan sebum tapi kelebihan sebum juga tidak baik karena itu gunakanlah shampo khusus untuk rambut berminyak. Shampo ini biasanya mengandung mint dan ekstrak eucalyptus. Shampo ini dapat membuang minyak yang berlebih dari rambut dan kulit kepala.

Shampo Untuk Rambut Normal
Jika anda orang yang beruntung, yang mempunyai kulit kepala dan rambut yang sehat, yang tidak kering dan juga tidak mengandung kelebihan minyak maka gunakanlah shampo untuk rambut normal ketika membersihkan rambut.

Shampo Untuk Menebalkan Rambut
Shampo ini biasa disebut sebagai thickening shampoo atau volumizing shampoo. Shampo ini diperuntukkan bagi orang yang mempunyai rambut tipis. Volumizing shampoo mengandung zat yang bernama glycerin. Glycerin dapat membuat cuticle rambut mengembang sehingga dapat menambah volume batang rambut dan membuat rambut menjadi tebal. Namun dalam kondisi seperti ini rambut menjadi rapuh sehingga pemakaian volumizing shampoo sebaiknya diikuti dengan pemakaian conditioner. Selain shampo yang mengandung glycerin, shampo yang mengandung panthenol juga dapat digunakan untuk menebalkan rambut.

Shampo Ketombe
Ketombe adalah gangguan dikulit kepala yang disebabkan oleh jamur pemakan lemak yang bernama malassezia. Dalam jumlah kecil jamur ini tidak akan menyebabkan masalah. Namun jika jumlahnya banyak jamur ini akan memakan sebum yang menyebabkan kulit kepala menjadi cepat kering dan sel kulit akan cepat mati. Akibatnya kulit kepala menjadi gatal dan kotor karena dipenuhi oleh sel kulit yang mati. Untuk menghilangkan ketombe maka gunakanlah shampo khusus ketombe yang mengandung zat anti jamur seperti Zinc Pyrithione, Selenium Sulfide, atau Ketoconazole.

Clarifying Shampo
Untuk memperindah rambut, kita sering menggunakan berbagai produk seperti minyak rambut, hairspray, gel, wax, dll. Residu dari produk-produk ini tidak mudah dibersihkan dengan shampo biasa. Akibatnya akan terjadi penumpukan zat kimia di kulit kepala dan rambut kita. Karena itu gunakanlah clarifying shampo sebanyak seminggu sekali untuk membersihkan residu tersebut dari kepala kita. Clarifying shampoo adalah shampo yang mempunyai kandungan asam yang tinggi yang dapat melunturkan berbagai zat kimia dari rambut dan kulit kepala. Orang yang habis berenang di kolam renang juga harus menggunakan shampo ini untuk membuang klorin yang diperoleh dari air kolam renang.

Kondisi kepala yang berbeda akan membutuhkan shampo yang berbeda pula. Jadi sebelum memilih akan membeli shampo, kenali dahulu kondisi kepala anda, apakah berminyak, kering, normal, mempunyai rambut tipis, atau  mempunyai ketombe. Lalu belilah shampo yang sesuai dengan kondisi kepala anda.

Untuk mengetahui jenis shampo yang akan dibeli, biasakanlah membaca label yang  ada di botol atau bungkusan shampo sebelum membelinya. Jangan sampai anda membeli shampo untuk rambut kering sementara anda mempunyai rambut berminyak karena shampo ini akan membuat rambut anda lebih berminyak. Atau jangan sampai anda membeli shampo untuk rambut berminyak sementara rambut anda adalah rambut kering karena shampo tersebut akan membuat rambut anda bertambah kering.


Sumber: http://rambutpedia.blogspot.co.id/
.....................

No comments:

Post a Comment